7 Daftar Peralatan untuk Usaha Kedai atau Kafe Kecil-kecilan

Di zaman yang serba sulit ini, banyak orang yang memutuskan untuk berwirausaha atau bekerja sampingan untuk menambah pundi-pundi pemasukan. Salah satunya adalah membuka warung, kedai, atau kafe kecil-kecilan di rumah atau ruko kecil. Karena kecil-kecilan, tentu tak banyak peralatan yang dibutuhkan.

Yang paling ramai saat ini adalah membuka kedai minuman populer seperti kopi, boba, milkshake, Thai tea, dan jajanan ringan. Apapun jenis makanan atau minuman ringan yang ingin kamu jual, kamu tetap membutuhkan beberapa peralatan standar untuk menunjang usahamu. Apa saja itu? Berikut kami tampilkan beberapa di antaranya.

Kulkas

Kulkas adalah barang wajib jika kamu punya usaha makanan atau minuman. Bukan hanya untuk mendinginkan minuman atau membuat es, lemari es juga perlu untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet. Ada banyak pilihan kulkas. Jika kedaimu sangat kecil, kulkas 1 pintu mungkin sudah cukup. Tapi bila kedaimu cukup besar dan pesananmu banyak, maka sebaiknya kamu beli kulkas 2 pintu.

Blender & Juicer

Dua alat ini penting bila kamu menjual aneka minuman jus. Usaha jus buah juga ramai karena banyak orang kini sudah mulai sadar akan pentingnya buah-buahan bagi kesehatan. Maka kamu perlu punya blender standar atau juicer. Alat-alat ini juga bisa dipakai untuk memproses sayur dan bumbu.

Coffee Maker

Nah jika kamu menggeluti usaha kedai kopi yang sedang viral di mana-mana ini, maka coffee maker wajib kamu punya. Coffee maker jenisnya ada banyak, tergantung karakter dan cita rasa kopi yang ingin dihadirkan. Ada model French Press, Vietnam Drip, Espresso Maker, V60 Dripper, dan lainnya. Harganya juga bervariasi. Kamu bisa membelinya secara online dengan banyak potongan harga.

Silverware dan Glassware

Ini adalah peralatan makan dan minum yang wajib dimiliki untuk segala usaha kafe kuliner. Mulai dari mangkuk, piring, segala jenis sendok dan garpu, segala jenis pisau, segala jenis gelas dan cangkir, semuanya harus ada untuk menunjang pekerjaanmu.

Cup Sealer

Kalau kamu pernah membeli minuman boba atau milkshake di pinggir jalan, kamu pasti melihat penjualnya menggunakan alat ini untuk menyegel gelasnya. Cup sealer memang penting saat ini dalam usaha minuman. Dengan cup sealer, minuman menjadi lebih praktis, higienis, dan aman dari tumpah.

Dispenser

Dispenser sebenarnya opsional karena banyak penjual minuman masih menggunakan teko plastik biasa untuk menuangkan air, jus, gula, dan lainnya. Tapi supaya kedaimu terlihat keren, ada baiknya kamu berinvestasi dengan membeli dispenser galon bawah untuk tempat air. Kesan rapi dan higienis akan terpancar dari kedaimu.

Aplikasi Kasir

Nah supaya kafemu menjadi lebih modern dan cepat pelayanannya, kamu perlu membeli aplikasi kasir yang bisa membantumu memproses transaksi lebih cepat. Di samping itu transaksi keuangan kafemu menjadi lebih rapi dan terkelola dengan baik.

Selain alat-alat di atas, masih ada beberapa kebutuhan lain dalam membuka kafe kecil-kecilan, tergantung seberapa kecil kafemu. Misal, setidaknya kamu perlu menyediakan beberapa kursi untuk tempat duduk pelanggan yang sedang menunggu pesanannya. Jika kafemu menerima dine-in, maka sudah pasti kamu harus punya beberapa set meja kursi yang nyaman.

Di samping itu siapkan juga alat-alat kebersihan seperti lap, sapu, pel, pengki dan sebagainya untuk menjaga kebersihan kedaimu senantiasa bersih dan pelanggan pun betah di sana. Nah, semoga ulasan kami ini bisa membantumu ya sebelum membuka usaha kuliner kecil-kecilan!

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *