Apa Itu Anggaran Biaya Operasional? Simak Ulasannya Berikut Ini

Salah satu kunci sukses menjalankan bisnis adalah dengan cermat dalam menentukan dan mengelola anggaran yang nantinya dibutuhkan dalam operasional bisnis tersebut. Anggaran tersebut dikenal juga dengan istilah anggaran biaya operasional. Yuk kenali lebih jauh mengenai anggaran tersebut dari ulasan di bawah ini.

Apa Itu Anggaran Biaya Operasional?

Dalam menjalankan bisnis atau usaha, dikenal yang namanya anggaran biaya operasional. Istilah ini merujuk pada anggaran dana yang digunakan untuk memenuhi biaya operasional bisnis tersebut. Apa saja sih biaya operasional tersebut? Biaya operasional ini meliputi hal-hal seperti gaji dan tunjangan karyawan, komisi penjualan, transportasi, biaya sewa, biaya perbaikan, dan lainnya.

Anggaran untuk memenuhi biaya operasional ini sendiri bisa digolongkan ke dalam beberapa jenis, sesuai dengan tujuan penggunaannya nanti. Adapun beberapa jenisnya seperti anggaran produksi yang digunakan untuk seluruh rencana produksi dan anggaran mobilitas transportasi yang digunakan untuk mobilitas seluruh proses produksi.

Tujuan Penyusunan Anggaran Biaya Operasional

1.  Bahan Pertimbangan dalam Pengambilan Keputusan

Adanya anggaran untuk biaya operasional ini akan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait jalannya perusahaan. Contoh kecilnya saja, jika anggaran untuk biaya transportasi tak mencukupi untuk menjangkau audiens yang wilayahnya jauh, tentu akan diambil keputusan untuk memperkecil ruang lingkup audiens tersebut.

2. Menentukan Harga

Menentukan harga dari item yang dijual bisa dilakukan dengan melihat seberapa banyak sih biaya yang digunakan untuk kebutuhan operasionalnya. Pasalnya, biaya operasional ini tentu telah mencakup biaya bahan baku, biaya sarana dan prasaran, hingga biaya transportasi. Dengan begini, penentuan harga pun jadi lebih mudah dan tentunya bisa memberikan keuntungan.

  1. Menentukan Rugi atau Tidaknya Perusahaan

Anggaran untuk kebutuhan operasional yang dibuat tertulis, akan memudahkan dalam hal penentuan rugi atau tidaknya usaha yang dijalankan. Jika misalnya hasil penjualan melebihi biaya operasional, tentu maknanya usaha yang dijalankan memberikan untung. Sebaliknya, jika biaya operasional melebihi hasil penjualan, bisa dikatakan kalau usaha mengalami kerugian.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai anggaran biaya operasional. Tak peduli kecil atau besarnya skala usaha yang dijalankan, alangkah baiknya jika penghitungan anggaran untuk biaya operasional ini dilakukan dengan rapi dan teliti. Pasalnya, adanya penghitungan anggaran ini akan sedikit banyaknya akan memudahkan Anda dalam menjalankan sebuah usaha.

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *