Cara Mengurangi Kerontokan Rambut dengan 4 Kebiasaan Ini

Kerontokan rambut sering menjadi masalah bagi sejumlah orang. Hal ini bisa disebabkan karena penipisan rambut dan kulit kepala yang tidak sehat. Meski bukan masalah serius, kerontokan rambut ini perlu diatasi agar tidak mengganggu kepercayaan diri seseorang terhadap penampilannya. Simak cara mengurangi kerontokan rambut dengan 4 kebiasaan berikut.

1.     Jangan Keramas Terlalu Sering

Banyak orang yang mengira keramas setiap hari bisa membuat rambut sehat. Padahal, penggunaan sampo yang terlalu sering bisa menyebabkan rambut rusak dan kering. Bahan kimia pada sampo jika terlalu sering digunakan membuat rambut mudah patah hingga mengalami kerontokan.

Selain karena paparan bahan kimia dari sampo, mengeringkan dengan handuk juga berpotensi menyebabkan kerontokan rambut. Menggosok rambut dengan handuk terlalu kencang dan setiap hari bisa menyebabkan kerontokan.

2.      Hindari Perawatan Rambut yang Tidak Perlu

Perawatan rambut seperti mencatok atau mewarnai rambut bisa menyebabkan kerontokan rambut. Paparan panas dari alat atau bleaching rambut bisa menipiskan rambut hingga merontokkan rambut. Bahkan, hindari mengikat rambut terlalu kencang dan mengepang rambut. Ikatan kencang bisa menyebabkan akar rambut tertarik sehingga mudah rontok

3.     Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain dari luar, cara mengatasi kerontokan rambut juga bisa dilakukan dari dalam, termasuk menerapkan pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan baik bagi kulit, seperti sayuran hijau dan makanan yang mengandung mineral zinc. Mineral ini bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sehat.

Olahraga secara rutin juga perlu dilakukan agar senyawa residu pada tubuh bisa dikeluarkan melalui keringat, tidak terkecuali kulit kepala. Dengan berolahraga, juga bisa menghilangkan stress yang menjadi pemicu kerontokan rambut.

4.     Keramas dengan Bahan Alami

Lidah buaya dan minyak zaitun/minyak kelapa sudah terbukti ampuh dalam mengatasi kerontokan rambut dan mengatasi kulit kepala kering. Protein dalam minyak kelapa membantu menutrisi rambut dengan mengganti protein rambut yang hilang.

Itu dia kebiasan-kebiasaan dan cara mengurangi kerontokan rambut yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Rambut yang sehat pastinya diinginkan semua orang karena bisa menunjang penampilan. Baiknya gunakan sampo yang cocok dengan kondisi kulit kepala dan keramas 2 kali dalam seminggu.

 

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.