Melahirkan Butuh Banyak Tenaga, Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Jelang Persalinan

Menjelang persalinan, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi calon Ibu. Sebab, melahirkan butuh banyak tenaga. Jangan sampai Bunda kehabisan tenaga di tengah-tengah proses persalinan. Oleh sebab itu, ada baiknya Bunda mengisi tenaga dengan makanan bernutrisi. Namun, hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Sebab, kondisi calon Ibu berbeda-beda. Sebagai informasi persiapan persalinan, calon Ibu membutuhkan 100 kalori dalam satu jam. Sedangkan melahirkan normal berlangsung sekitar empat hingga delapan jam. Itulah sebabnya, Bunda memerlukan banyak sekali energi. Lantas, makanan apa saja yang dapat menambah energi jelang persalinan?

  1. Biskuit

Melahirkan memang butuh banyak tenaga. Namun, hindari makanan padat seperti daging. Pilihlah makanan yang mudah dicerna. Salah satunya adalah biskuit. Bunda dapat mencoba biskuit gandum atau biskuit susu. Hindari yang banyak krimnya dan biskuit asin karena dapat memicu hipertensi. Untuk lebih aman, pilihlan buskuit plain.

  1. Buah-buahan

Bunda juga dapat mencoba mengkonsumsi buah-buahan. Pilih buah-buahan yang kaya akan karbohidrat alami dan mengandung banyak air untuk mencegah dehidrasi saat bersalin. Semangka, melon, alpukat, pisang, dan apel adalah contoh buah-buahan yang aman dikonsumsi dan dapat menambah tenaga Bunda. Selain dikonsumsi secara langsung, Bunda juga dapat mengolah buah tersebut menjadi jus atau smoothie.

  1. Kacang dan biji-bijian

Kedua makanan ini kaya akan serat yang dapat menambah tenaga Bunda saat mengejan. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian akan membuat Bunda tidak cepat merasa lapar. Contohnya adalah kuaci, almond, pistachio, dan chia seed. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk diubah menjadi energi. Inilah yang membuat Bunda tidak cepat merasa kelelahan apabila mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Kurma

Kurma sudah lama terkenal khasiatnya yang sangat baik untuk ibu hamil. Satu buah kurma mengandung sebanyak 16 gram gula yang menjadi sumber energi siap pakai. Selain mengandung glukosa, kurma juga mengandung fosfor yang dapat membantu menyimpan cadangan energi. Tidak hanya itu, buah kurma dapat membantu merangsang kontraksi sehingga melancarkan pembukaan.

  1. Umbi-umbian

Contoh umbi-imbian yang baik dikonsumsi adalah kentang dan ubi jalar. Dalam ubi jalar, mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Ubi jalar dapat membantu mempermudah pembukaan serviks dan rahim serta mengurangi peradangan pada saraf. Bunda dapat merebus ubi dan kentang tau menumbuknya menjadi mashed potato. Hindari kentang goreng karena mengandung lemak dan minyak yang dapat menyebabkan mual.

Itulah jenis makanan yang dapat Bunda konsumsi jelang persalinan. Selain itu, memilih rumah sakit tempat bersalin juga tidak kalah pentingnya. Pilihlah rumah sakit dengan pelayan dan perawatan persiapan persalian yang lengkap, misalnya klinik kebidanan di Rumah Sakit Pondok Indah yang menyediakan layanan komprehensif mulai dari awal kehamilan hingga persalinan, seperti yang bisa dilihat pada link berikut: https://www.rspondokindah.co.id/id/center-of-excellence/klinik-kebidanan-dan-kandungan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.