Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Benarkah Mandi Harus 2 Kali Sehari?

Mandi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang paling sederhana. Dengan mandi, tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar, bebas dari kuman. Tidak hanya itu, banyak penelitian yang mengungkap jika rutin mandi berhubungan dengan kesehatan psikologis seseorang.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One, menyebut jika orang yang rutin mandi dengan air dingin memiliki resiko yang lebih kecil mengalami sakit. Manfaat ini didapat karena air dingin bermanfaat untuk merangsang produksi leukosit yang berperan sebagai penghalau infeksi.

Tapi jangan asal mandi. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, pastikan aktivitas ini dilakukan sesuai kebutuhan. Pasalnya, terlalu sering mandi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan resiko kulit kering.

Benarkah Harus Mandi 2 Kali Sehari?

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, banyak orang yang menyarankan agar mandi setidaknya dua kali sehari. Aktivitas ini bisa dilakukan di pagi hari sebelum beraktivitas, dan sore hari sepulang kerja atau bisa juga beberapa jam sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

Namun dilansir dalam Healthline, cara menjaga kesehatan tubuh dengan mandi dua kali sehari tidak berlaku bagi semua orang. Beberapa orang mungkin membutuhkan mandi dua kali sehari, tapi juga ada yang butuh mandi hanya satu kali sehari, atau bahkan lebih dari dua kali.

Mandi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, bagi remaja yang cenderung aktif secara fisik, sangat disarankan untuk mandi setidaknya satu kali dalam sehari. Hal ini dilakukan untuk membersihkan keringat, dan kotoran yang menempel setelah beraktivitas.

Bagi orang dewasa, mandi bisa disesuaikan dengan tingkat aktivitas, produksi keringat, dan tempat beraktivitasnya. Misalnya bagi para pekerja yang banyak beraktivitas di luar ruangan, kamu disarankan untuk mandi sebanyak dua kali dalam sehari.

Namun jika kamu lebih banyak beraktivitas di tempat-tempat yang kotor, atau tempat yang membuat kamu mudah terkontaminasi debu, mudah berkeringat, beresiko lebih banyak terpapar kuman, mandi 2-3 kali sehari lebih disarankan.

Sementara bagi mereka yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, tidak terlalu banyak berkeringat karena sering terpapar AC, dan jarang terekspose debu, mandi bisa dilakukan hanya satu kali sehari saja. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan.

Catatan Penting Sebelum Mandi

Selain memastikan air yang digunakan benar-benar bersih, kamu sangat disarankan untuk mandi dalam kondisi keringat yang sudah kering, dan suhu tubuh dalam kondisi stabil. Ini penting agar tidak terjadi penurunan suhu tubuh yang terlalu ekstrim.

Selain itu, cara menjaga kesehatan tubuh lainnya yang wajib diperhatikan adalah, menggunakan sabun yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya dengan menggunakan produk dari Kao life Academy Biore Body Foam, yang hadir dengan teknologi Moisture Care Technology dan Mineral Foam.

Produk ini tidak hanya sekedar membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran, tetapi juga mampu kelembaban kulit tetap seimbang. Sangat cocok digunakan oleh kamu yang dituntut untuk lebih sering mandi karena sering terpapar debu dan banyak berkeringat.

Selain itu, Biore Body Foam tersedia dalam berbagai sensasi wangi yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Sensasi keharumannya yang lembut efektif memberikan efek relaksasi, yang membuat kamu bisa lebih mudah menurunkan resiko stres.

Dengan Biore Body Foam, mandi kamu bukan hanya sekedar menyegarkan dan membersihkan tubuh dari kotoran, tapi juga dapat menjaga mood kamu tetap baik.

 

Referensi:

Healthychildren. Diakses pada 2022. To Bathe or Not to Bathe.

Verywellhealth. Diakses pada 2022. Skipping Your Daily Shower May Make Your Skin Healthier.

Medicalnewstoday. Diakses pada 2022. How Often Should You Shower? Seasons, Ages, and More.

Healthline. Diakses pada 2022. Wondering How Often You Should Shower? We’ve Got Answers for You.

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.